Keikutsertaan Cepagan dalam Bintek Smart Village

CEPAGAN–Puluhan Perangkat Desa dan Kelurahan se Kabupaten Batang mengikuti Bintek Smart Village di Hotel Dewi Ratih Batang. Mereka senang dengan adanya Bintek tersebut, Smart Village atau Desa Pintar atau Desa Cerdas adalah sebuah Desa yang memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam pengembangan potensi sumber daya baik alam maupun manusianya.
Smart Village secara tidak langsung dapat meningkatkan ekonomi sebuah desa, hal ini di dukung oleh kemampuan smart village yang dapat mengkomunikasikan potensi-potensi sumber daya alam ke luar desa, dan memberikan ilmu atau pemahaman dalam mengelola potensi desa oleh warga desa tersebut.
Smart village akan mendesain desa sebagai pusat data, sehingga dapat peningkatan pendidikan dan kesehatan, upaya pengentasan kemiskinan.

Dengan Smart village ini, peran pemerintah desa lebih dioptimalkan agar dapat mengelola sumberdaya desanya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.
Balai desa dan Kantor desa diharapkan bisa berfungsi pula sebagai rumah kreatif warga atau dapat ditingkatkan lagi menjadi wadah citizen-sourcing, yaitu tempat untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam memberikan ide atau inovasi yang dapat dikembangkan di desanya, bahkan para expertise atau pakar dapat diundang ditempat ini untuk memberikan saran terobosan bagi kemajuan desa.
Smart Village sebagai Visi dan Misi Bapak Bupati Batang, pada tahun 2018 ini kita mulai dengan 54 Desa dan 9 Kelurahan dan akan dikembangkan menuju Smart City Kabupaten Batang.
Smart City maupun Smart Village adalah dua komponen yang saling melengkapi untuk memperluas pemenuhan pelayanan publik yang lebih modern dan merata.
Didalam Smart Village terdapat : Siskeudes, Prodeskel, Website Desa, Sipades, E-Sakti, Siar, dan E-Village
E-Village merupakan program aplikasi yang didalamnya terdapat data Kependudukan, Surat Menyurat yang terintegrasi dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Batang sehingga memudahkan untuk memonitoring Data Kependudukan dan Data Adminstrasi Desa.
Dengan adanya Program Aplikasi E-Village diharapkan masyarakat dapat semakin mudah dan cepat dalam mengurus Surat – Surat Pengantar dan mengurus Data Kependudukan. Data Kabupaten juga akan selalu terupdate karena sudah Online.

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan