Masuknya Desa Cepagan tiga besar dalam Penilaian Lomba Desa Siaga Aktif Tingkat kabupaten

FKD (Forum Kesehatan Desa) yang terbentuk di Desa Cepagan merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat akan kondisi kesehatan masyarakat Desa yang ada di lingkungannya.

FKD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Fungsi FKD adalah mengembangkan sistem kesehatan desa yang meliputi kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan perencanaan pembiayan kesehatan, juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa.

Pada tanggal 31 Juli 2019 baru saja dilaksanakan penilaian Desa Siaga aktif tingkat Kabupaten. Dalam kegiatan tersebut dihadiri MUSPIKA ,Kasi Sosial dan Kasi PMD (Pemerintah Desa), Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua FKD, Seketaris FKD, Bendahara FKD, Ketua BPD, Ibu-ibu PKK, Kader Posyandu, serta Bidan Desa

Ketua FKD (Subono) melakukan pemaparan Profil Desa Cepagan

Program Kemitraan FKD ini merupakan salah satu gerbang komunikasi antara Puskesmas dengan masyarakat karena dalam kegiatan ini Puskemas dapat menyampaikan rencana program –program kesehatan kepada para MUSPIKA, Pemerintah Desa, BPD dan TIM FKD masing – masing desa. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah sharing informasi masalah dan program kesehatan serta anggaran kesehatan yang direncanakan oleh FKD masing – masing desa.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan