Kesehatan

PKD (Poliklinik Kesehatan Desa) yang terbentuk di Desa Cepagan merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat akan kondisi kesehatan masyarakat Desa yang ada di lingkungannya.

PKD merupakan salah satu fasilitas kesehatan masyarakat yang diberikan oleh Desa

PKD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Fungsi PKD adalah mengembangkan sistem kesehatan Desa yang meliputi kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan perencanaan pembiayan kesehatan, juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di Desa.

Program Kemitraan PKD ini merupakan salah satu gerbang komunikasi antara Puskesmas dengan masyarakat karena dalam kegiatan ini Puskemas dapat menyampaikan rencana program –program kesehatan kepada para MUSPIKA, Pemerintah Desa, BPD dan Masyarakat masing – masing desa. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah sharing informasi masalah dan program kesehatan masing – masing desa.

Petugas PKD selaku Bidan Desa Zuhrotun Nisa atau yang lebih Kita Kenal dengan sebutan  Bu Yunis, menjelaskan’’ bahwa  bangunan PKD ini di bangun tahun 2010 pada masa jabatan Kepala Desa Riza Rozaki, kami menginformasikan bahwa pelayanan kami di PKD ini di jadwal (Senin – Kamis), setiap warga yang berobat gratis dengan catatan memiliki dan membawa kartu KIS, dan apabila warga tidak punya  kartu KIS di bebankan untuk membayar administrasi sebesar 10.000,-  dan uang tersebut kami setorkan ke Puskesmas ‘’

‘’Pelayanan kami tidak dibatasi oleh  masyarakat  Desa Cepagan saja, masyarakat di luar Cepagan pun bisa berobat ke tempat kami, karna wilayah / masyarakat luar Cepagan Kami pun membebankan 10.000,- untuk administrasi dan uang tersebut kami setorkan ke puskesmas pula’’. Ujarnya

Facebook Comments